Perbedaan Flow Meter Digital dengan Manual

Flow meter adalah alat yang berfaedah untuk mengukur aliran beraneka material dalam bentuk cairan, gas, maupun powder. Pengukuran laju aliran zat terjadi terhadap saat alat ini menyala. Terdapat dua model flow meter berdasarkan penampil angkanya, yakni manual dan digital. Flow meter digital merupakan pengembangan berasal dari manual.

Pada manual, hitungannya memakai kolom angka manual. Sedangkan digital, hitungannya memakai layar digital.

Perbedaan Flow Meter Digital dengan Manual

Berikut perbedaan flow meter digital dan manual.

-Layar

Flow meter digital menampilkan angka memakai layar digital, sedang flow meter manual menampilkan angka dalam bentuk digit manual.

-Fisik

Fisik berasal dari ke dua alat pengukur ini terhitung berbeda, flow meter solar lebih ringkas daripada manual gara-gara tidak membutuhkan tempat lebih besar.

Material Penyusun

Alat pengukur aliran digital ini terbuat berasal dari bahan besi cor dan plastik. Bahan plastiknya terkandung anggota counter digital di anggota tengah. Bagian counter cukup fleksibel gara-gara Anda mampu memutarnya hingga 90 derajat untuk mengatur posisi terhadap saat melaksanakan instalasi supaya lebih ringan untuk membacanya. Meskipun layar digitalnya cukup kecil, tetapi mampumenampilkan angka hingga 8 digit. Flow meter digital angkanya mampu di-reset jadi 0 (nol) ulang setelah pemakaian. Karena counter-nya digital, maka alat berikut membutuhkan baterai untuk mampu tetap menyala.

Fungsi & Kegunaan

Flow meter fungsi utamanya adalah mengukur besar aliran berasal dari sebagian fluida layaknya cairan dan gas. Perusahaan minyak dan gas umumnya memakai flow meter untuk solar dan bensin yang dapat dialirkan. Selain minyak dan gas, alat ini terhitung mampu untuk mengukur laju aliran listrik. Biasanya pengukuran ini perusahaan melaksanakan untuk memelihara rangkaian listrik.

Manfaat Flow Meter Digital

Pengukur digital ini punyai sebagian manfaat, antara lain sebagai berikut:

-Memonitor pergantian panas dalam sebuah gedung yang punyai alat pengkondisian suhu.

-Memudahkan untuk menghitung penghematan production cost.

-Menghindarkan berasal dari barangkali rusaknya mesin.

-Membuat monitoring daur ulang limbah jadi lebih mudah.

Macam-Macam Flow Meter Digital

 Flow meter digital tersedia beraneka model dan bentuk, layaknya paparan berikut.

-Pengukur Aliran Digital Vortex

Pengukur aliran digital ini merupakan alat yang desainnya benar-benar compact. Meskipun ukurannya kecil, tetapi punyai fungsi serbaguna.

Alat ini punyai sebagian kelebihan, yaitu: mampu mengukur laju beraneka model zat, punyai diameter shell besar, mampu menampilkan hasil bersifat digital maupun manual, dan cukup awet gara-gara pendeteksiannya memakai sensor. Sedangkan untuk kekurangannya, flow meter digital ini tidak mampu mengukur zat solid.

-Pengukur Aliran Digital Magnetik

Magnetic flow meter mengandalkan induksi magnet untuk membuahkan listrik. Alat ini punyai dua komponen, yakni sensor dan pembaca tegangan dengan display digital. Pengukur aliran yang umumnya punyai akurasi 0,5% ini hanya mampu mengukur benda cair yang sifatnya konduktor. Jadi, alat ini mendeteksi ion-ion yang tersedia di dalam cairan yang bergerak melewatinya.

Cairan yang masuk dan keluar melalui alat ini tidak mengalami pergantian tekanan, gara-gara di dalamnya tidak tersedia penghambat. Alat ini terhitung mampu Anda memakai berasal dari arah manapun.

-Pengukur Aliran Digital Coriolis

Sesuai namanya, Coriolis, saluran tempat zat melalui alat ini tidak horizontal atau vertikal layaknya pengukur aliran lainnya, melainkan tersedia belokan ke arah bawah bersifat U. Lebih akurat berasal dari flow meter terhadap umumnya, alat ini mampu capai level akurasi hingga 0,2% dan mengukur fluida dan gas yang punyai suhu tinggi. Selain itu, alat ini terhitung mampu mengukur kerapatan, dan temperatur udara.

Kelebihan Flow Meter Digital

Berikut sebagian berlebihan dan keuntungan memakai flow meter digital.

-Instalasinya Cenderung Mudah

Tidak layaknya flow meter manual, pemasangan flow meter digital cukup ringan dan tidak membutuhkan banyak waktu.

-Tingkat Akurasi Tinggi

Semakin rendah kadar akurasi sebuah LC flow meter, bermakna makin lama akurat. Flow meter digital punyai tingkat akurasi yang tinggi. Tingkat akurasinya tidak cukup lebih capai 0,5%. Meskipun alat ini punyai tingkat akurasi 0,5%, tetapi pengguna masih mampu menaikkan tingkat akurasinya memakai pertolongan aksesori lain, yakni accuracy adjustor.

-Dapat Menyimpan Data Secara Otomatis

Flow meter ini punyai kekuatan untuk menyimpan data. Jadi, tiap-tiap knowledge yang masuk dapat tersimpan secara otomatis. Data yang tersimpan terhitung akurat, apalagi lebih akurat daripada flow meter model lain. Teknologi ini pasti dapat berikan Anda kemudahan dalam pencatatan.

Gunakan Produk Terbaru untuk Layanan Terbaru

Demikian paparan berkenaan flow meter digital. Jadi, tidak cuman flow meter manual, terkandung flow meter digital yang penampil angkanya dalam bentuk layar digital. Kemampuannya tidak kalah tangguh berasal dari flow meter manual, apalagi mampu lebih efisien dan akurat.