Manfaat Menjadi Penulis Freelance Beserta Tips nya

Banyak orang yang tertarik menjadi seorang penulis terlepas dikarenakan menjanjikan dan pastinya menguntungkan. Apalagi dengan kemudahan yang mampu kita dapatkan berasal dari kemajuan teknologi.

Bagi Anda yang masih curiga mendaftarkan diri sebagai penulis lepas, maka simaklah manfaat selanjutnya yang jadi meyakinkan diri menjadi penulis freelance.

Karena bersifat freelance, maka kita tidak terikat dengan klien atau perusahaan mana pun sehingga sesuai dijadikan sebagai penghasilan tambahan penulis cerpen.

Jadi, Anda masih mampu jalankan pekerjaan lain, seperti mengajar, berjualan atau lainnya dan menyisihkan sedikit waktu untuk merampungkan pesanan artikel sebagai penghasilan tambahan yang menjanjikan.

Bagi Anda yang hobi menulis tentu menginginkan mendapati kebolehan menulis meningkat, bukan? Tidak ringan untuk jalankan kegiatan pengembangan keterampilan menulis secara rutin. Berbeda terkecuali Anda menjadi seorang penulis freelance, sudi tidak sudi Anda wajib merampungkan pekerjaan selanjutnya sehingga keterampilan menulis dapat meningkat menjadi lebih baik.

Sebagian besar penulis freelance terima segala bentuk tulisan dan tema, merasa berasal dari kesehatan, kecantikan, otomotif, bola, berita, teknologi, keuangan, politik dan lain sebagainya.

Saat menulis, tentu kita wajib mencari referensi dan membacanya sehingga wawasan kita dapat tetap makin tambah dikarenakan sering membaca bahkan menulis kembali disini.

Seiring bersama berkembangnya teknologi, sementara ini hampir semua perusahaan miliki blog atau website untuk mempromosikan barang atau jasa bersama mengfungsikan artikel atau tulisan copy (copywriting). Hal inilah yang sebabkan perusahaan membutuhkan banyak penulis, terutama freelance writer atau yang lebih dikenal bersama makna penulis lepas.

Tips jadi seorang freelance writer

Untuk seorang penulis, bekerja sebagai freelance writer kemungkinan kelihatan lebih menarik dibandingkan perlu bekerja sebagai penulis full time di suatu perusahaan, gara-gara seorang freelance writer kebanyakan dapat lebih bebas pilih sementara yang paling pas untuk mengerjakan tulisan.

Hal yang paling penting adalah seorang penulis dapat mengerjakan tulisan tidak lebih dari deadline yang sudah ditentukan klien. Nah, jika anda menghendaki memulai profesi sebagai freelance writer, liat dulu yuk sebagian tips di bawah ini:

1. Tentukan sarana yang dapat dapat ditawarkan

Menentukan sarana yang dapat diberikan adalah cara paling penting yang perlu anda melaksanakan untuk jadi seorang freelance writer.

 Karena bidang pekerjaan seorang penulis cukup luas, anda perlu dapat pilih secara tertentu sarana yang dapat ditawarkan, jikalau anda menawarkan jasa menulis artikel SEO, copywriting, atau menulis naskah berita.

Saat pilih sarana yang dapat diberikan, pastikan anda menawarkan sarana pekerjaan yang cocok bersama kemampuan yang sudah anda kuasai bersama baik ya.  Misalnya jika anda berprofesi SEO content writer, maka anda dapat menawarkan sarana menulis artikel SEO atau mengedit artikel.

2. Terus asah kemampuan

Selama apa-pun anda sudah berkecimpung di dunia penulisan, jangan lupa untuk senantiasa mengasah kemampuan diri dalam menulis ya, gara-gara perihal ini dapat jadi nilai and untuk diri sendiri, supaya memudahkanmu untuk mendapatkan klien.

Salah satu cara paling mudah untuk tetap mengasah kemampuan menulis adalah bersama ikuti berbagai pelatihan yang ada di Pijar Mahir.

Beberapa pilihan pelatihan yang dapat anda ambil, yakni Mahir Copywriting Untuk Tingkatkan Pemasaran, Menulis Buku Cerita Anak Berkualitas, atau Teknik Menulis Berita untuk Wartawan Muda.

3. Buat blog sebagai portofolio

Untuk seorang penulis, blog merupakan keliru satu aset paling berharga yang sebaiknya dimiliki. Karena blog dapat bermanfaat sebagai medium atau wadah untuk memasukkan semua karya tulis paling baik yang dulu dibuat. Hal inilah yang sebabkan blog dapat bermanfaat sebagai portofolio untuk seorang penulis. 

Selain itu, jika anda dulu mengerjakan sebagian tipe tulisan yang tidak sama (misalnya jikalau artikel SEO, copywriting, atau UX writing), maka ada baiknya anda memasukkan semua tulisan berikut ke blog. Hal ini bermanfaat untuk sebabkan portofoliomu terlihat jadi bagus dan dapat menarik perhatian HRD.

Kalau anda menghendaki paham cara sebabkan portofolio baca artikel ini ya 6 Tips Membuat Portofolio yang Menarik.

4. Belajar melaksanakan manajemen sementara bersama baik

Bisa melaksanakan manajemen sementara bersama baik adalah keliru satu kunci keberhasilan untuk jadi seorang freelance writer. Hal ini gara-gara seorang freelance writer tentu dapat menghadapi deadline, terutama jika anda mengambil alih sebagian proyek sekaligus.

Melakukan manajemen sementara bersama baik dapat membuatmu dapat miliki sementara senggang di sedang padatnya deadline pekerjaan.

Salah satu cara paling mudah untuk studi melaksanakan manajemen sementara bersama baik adalah bersama menerapkan metode Time Blocking. Kalau anda menghendaki paham cara menerapkan metode Time Blocking, baca artikel ini ya faedah dan Cara Menerapkan Metode Time Blocking.

5. Gunakan platform untuk mendapatkan pekerjaan

Sama halnya seperti pekerjaan full time, sementara ini ada banyak platform lowongan kerja untuk freelance writer yang tersedia, seperti Upwork, sribulancer, atau saungwriter. Menariknya platform ini miliki kebijakan yang bermanfaat untuk menjaga knowledge pelamar kerja. Jadi, anda dapat terhindar dari pekerjaan palsu atau knowledge teristimewa yang tersebar.  Beberapa platform freelance kebanyakan termasuk dapat sedia kan surat kontrak mini yang perlu disetujui oleh freelancer dan pemberi pekerjaan.

Selain mengfungsikan platform lowongan kerja untuk freelance writer, anda termasuk dapat mencari lowongan pekerjaan freelance di Linkedin dan lebih-lebih media sosial lain (seperti Facebook, Instagram, atau Twitter).

Ketika anda mengambil keputusan untuk melamar pekerjaan di media sosial pastikan dulu bahwa perusahaannya terpercaya ya.

Jangan hingga anda mendapatkan kerugian gara-gara melamar ke perusahaan yang ternyata tidak terpercaya atau tidak miliki kredibilitas baik.

6. Selalu jaga hubungan baik bersama klien

Menjaga hubungan baik bersama klien adalah keliru satu perihal penting yang perlu dijalankan sementara jadi seorang freelance writer.

Hal ini gara-gara menjaga hubungan baik bersama klien dapat meningkatkan kemungkinan anda mendapatkan banyak tawaran kerja, terutama jika hasil kerjamu terlampau cocok bersama keperluan klien.

Pada sebagian platform lowongan kerja freelance, menjaga hubungan baik bersama klien termasuk dapat memperlihatkan bahwa anda miliki reputasi yang baik. Reputasi yang baik ini dapat terlampau memudahkanmu untuk mendapatkan klien baru.

Beberapa cara yang dapat anda melaksanakan untuk menjaga hubungan baik bersama klien adalah senantiasa merampungkan pekerjaan cocok bersama tenggat sementara yang sudah diberikan, senantiasa bekerja bersama sebaik mungkin, dan rajin bertanya kepada klien berkenaan tulisan yang kemungkinan perlu di edit.

Pada dasarnya jadi seorang freelance writer profesional sebetulnya tidak semudah yang dibayangkan. Kadang, ada banyak tantangan yang perlu anda menghadapi sebelum akhirnya dapat jadi seorang freelance writer profesional yang dapat mendapatkan penghasilan senantiasa tiap-tiap bulannya. Namun, tidak ada salahnya jika anda menjadi menerapkan sebagian tips di atas.